Minggu, 21 Oktober 2012

PLUMBING - macam macam Alat Saniter


Alat-alat Saniter
Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.
Alat – alat saniter di kelompokan menjadi 4 bagian,yaitu:
1.    ABLUTIONARY FIXTURES
Adalah kelompok alat saniter yang fungsinya untuk membersihkan anggota tubuh manusia.
A.  Bak cuci tangan (wastafel)
Fungsinya untuk mencuci anggota badan seperti tangan, wajah (seluruh badan) dan digunakan dengan cara berdiri, di wastafel terdapat keran, handuk kecil, sabun, parfum ruangan dll.
Wastafel umumnya di pasang pada dinding tembok,
Terdapat dua jenis wastafel, yaitu:
Ada yang di dinding dan ada yang di meja dilengkapi kakinya(wastafel pedestal)
Wastafel dipasang  dengan tinggi kurang lebih 90 cm dari lantai.
Contoh washtafel yang menempel di dinding:

 Contoh washtafel meja:



B.  Bak air mandi
Fungsinya untuk mencuci seluruh anggota badan dan digunakan dengan cara berdiri, bak air mandi terdapat keran, gayung, peralatan mandi.
Bak air mandi di buat dengan ukuran sekitar 1 x 2 meter
Apabila membuat bak air mandi jangan terlalu besar karena akan sulit mengganti air bersih dan yang paling penting bak air mandi harus selalu bersih dan jernih.
Contoh bak air mandi:

 
C.  Bak Mandi Rendam (bath tube)
Fungsinya untuk mencuci seluruh anggota badan, digunakan dengan cara merendam diri. Dalam bak mandi rendam terdapat 2 keran:
1.      keran air panas dipasang di sebelah kiri
2.      keran air dingin dipasang di sebelah kanan.
Bak mandi rendam terbuat dari plastic, logam, dan keramik, ukuran panjang bak mandi rendam minimal 160 cm dan tinggi kira-kira 10-13 cm diatas bak.
Contoh bak mandi rendam:

D.  Shower
Terdapat 2 jenis shower:
Ø  Shower Portable
Ø  Shower Rise
Fungsinya untuk membersikan seluruh anggota badan dengan cara mengalirkan air ke seluruh tubuh. Shower memiliki panjang sekitar 1 meter.
Shower adalah alat mandi yang praktis.
Ada banyak manfaat mandi dengan menggunakan shower. Pertama, itu menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan dengan memanfaatkan air secara maksimal. Karena penggunaan air dengan shower saat mandi jauh lebih hemat daripada kita menggunakan gayung
Manfaat kedua, dengan menggunakan air kita dapat memperoleh lebih banyak ion negatif yang bermanfaat bagi kulit kita. Dalam udara bebas, sebenarnya ada ion negatif dan positif yang bersatu.
Contoh shower:



2. WASTE WATER FIXTURES
Adalah alat saniter yang fungsinya untuk membersihkan pakaian.
A.  Bak Cuci Pakaian (trough)
Alat saniter yang fungsinya untuk merendam dan membersihkan pakaian, bak cuci pakaian ini tidak menggunakan mesin tetapi menggunakan tangan sebagai pembersihnya.
Bak cuci pakaian ini memiliki panjang 2 meter dan lebar 20 cm, digunakan dengan cara duduk atau jongkok.
Contoh bak cuci pakaian:


B.  Mesin Cuci (Washing Machine)
Alat Saniter yang fungsinya untuk memebersihkan pakaian, mencuci pakaian dengan otomatis.
Mesin cuci mempunyai banyak bentuk dan warna. Mesin cuci mempunyai 2 bagian/tempat, yaitu:
1.      Tempat untuk membilas
2.      Tempat untuk pengering
Untuk menggunakan alat ini harus mematuhi petunjuk yang sudah ditentukan.
Contoh mesin cuci:



3.  GREASE WASTE FIXTURES
Adalah alat saniter yang fungsinya untuk mencuci peralatan yang mengandung lemak.
A.  Bak Cuci Piring (Sink)
Fungsinya untuk mencuci peralatan yang berlemak.
Bak cuci piring dapat dibuat dari bermacam-macam bahan, terbuat dari stainless dan fiber, dan ada juga yang terbuat dari susunan batu yang di plester kedap air atau dilapisi dengan porselen, dari bentuk dan ukurannya banyak di jual dalam perdagangan.
Tinggi bak cuci piring ini 90 cm dari lantai bibir bak. Bak cuci piring ini digunakan dengan posisi berdiri dan menggunakan tangan.
Contoh bak cuci piring:




B.  Mesin Cuci Piring (kitchen Machine)
Fungsinya sama dengan bak cuci piring, yaitu mencuci peralatan yang berlemak. Mesin pencuci piring ini memiliki banyak bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. Alat ini digunakan secara otomatis, sehingga kita tidak perlu membilas dengan tangan. Tempat cuci piring di dalam mesin ini mempunyai tinggi maksimal 25 cm.
Contoh mesin cuci piring:




4.  SOIL WASTE FIXTURES
Adalah alat saniter yang fungsinya untuk membersihkan kotoran manusia.
A .Urinoir/Urinal
Pada rumah-rumah tinggal sederhana, kamar mandi atau toilet digabung dalam satu tempat. Urinoir/urinal berfungsi sebagai tempat buang air kecil bagi laki-laki. Urinoir itu dipasang dalam tempat tersendiri, terpisah dari kamar mandi.
Urinoir itu dibuat dari bahan porselen, yang banyak dijual dalam berbagai bentuk dan kualitas. Untuk ukuran orang-orang Indonesia, urinoir di letakkan pada ketinggian min 50 cm di atas lantai.
Contoh Urinoir/Urinal:




B. Bidet
Berfungsi sebagai tempat buang air kecil bagi wanita dilengkapi dengan alat pembersih, bidet dipasang dalam satu kamar mandi. Berdekatan dengan kloset duduk. Bidet terbuat dari bahan porselen yang banyak dijual dalam berbagai bentuk dan kualitas. Bidet digunakan dengan cara jongkok dan ketinggiannya minimal 30 cm.
Contoh Bidet:




C.Kloset Jongkok
Dalam perdagangan konstruksi kloset duduk ada 2 macam, yaitu:
- Langsung digunakan dengan penahan bau (siphon)
- Tidak menggunakan konstruksi penahan bau
Kloset jongkok ini berfungsi untuk membuat kotoran berat manusia. Kloset jongkok digunakan dengan cara jongkok. Kloset jongkok biasanya dipasang bersebelahan dengan bak mandi.
Kloset jongkok biasanya dipasang sedemikian rupa hingga dasar dari kloset itu menumpang diatas lantai atau terkadang masuk 1 cm di bawah lantai.
Contoh Kloset jongkok:

 
D. Kloset Duduk
Kloset duduk ini mempunyai bentuk yang beraneka ragam terutama dalam penampang bak. Ada yang dipasang menempel diatas bagian belakang dari kloset, ada yang dipasang tepat di belakang kloset pada dinding tembok kira-kira 30 cm di atas permukaan kloset. Seperti halnya dengan pemasangan kloset jongkok yang dasarnya rata dengan lantai.
Kloset duduk berfungsi sebagai tempat untuk membuang kotoran berat manusia, dan terdapat glontor, sistemnya otomatis yang dipakai sambil duduk, dan kloset duduk juga dilengkapi penangkap bau (siphon).
Contoh Kloset duduk:




Mencuri Artikel orang tanpa ijin itu tidak baik :D
Berkaryalah sendiri selagi kalian masih punya otak..

Download artikel PLUMBING - macam macam Alat Saniter + kata pengantar sebuah makalah  DI SINI

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar