Sabtu, 23 Maret 2013

Visi dan Misi Sebuah Perusahaan


Pentingnya Visi dan Misi:
   Pentingnya visi dan misi perusahaan adalah visi perusahaan sebagai elemene utama bagi suatu strategi untuk mencari pencapaian hasil yang lebih tinggi atau lebih baik.

Faktor-faktor Penyusunan Visi dan Misi:
       Sejarah
       Preferensi Masa Kini
       Lingkungan Pasar
       Sumber Daya
       Kompentensi yang membedakan

Pengertian Visi
    Visi perusahaan adalah sebuah tujuan, keinginan, atau angan-angan (gambaran) masa depan perusahaan yang ingin anda bangun, pilih, dan besarkan.

Visi membicarakan hal-hal sebagai berikut:
  1. Wawasan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
  2. Sosok Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
  3. Bentuk usaha Anda sebesar apa.
  4. Alasan Anda memasuki usaha di bnidang tersebut
  5. Imajinasi mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa.

Visi yang ideal harus sebagai berikut:
ž  Sederhana (simple)
ž  Terukur (measurable)
ž  Tejangkau (reachable)
ž  Beralasan (reasonable)
ž  Ambisius
ž  Periode waktu (time frame)
ž  Bersifat strategis (strategic)
ž  Bersifat strategis (strategic)
ž  Perspektif kondisi
ž  Komunikatif

Tujuan penetapan visi perusahaan,yaitu:
ž  Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
ž  Memiliki orientasi pada mas adepan perusahaan.
ž  Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
ž  Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
ž  Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan

Syarat dan Kriteria Visi Perusahaan:
ž  Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
ž  Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
ž  Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman
ž  Memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan
ž  Terfokus pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi

Pengertian Misi:
    Misi adalah usaha, pemikiran dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi. Artinya tindakan untuk memperjelas apa yang dikehendaki oleh pemilik perusahaan dan menjadi pegangan untuk menjalankan usaha Anda sekarang dan yang akan datang hingga visi itu terwujud.

Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut:
ž  Kiat dan usaha untuk mewujudakan visi
ž  Nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi
ž  Segmen pasar dan pelanggan
ž  Pernyataan tentang produk atau jasa yang di masuki (dijualnya)
ž  Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
ž  Pernyataan strategis jangka panjang dan jangja pendek

Misi akan efektif bila bersifat:
  Ringkas dan jelas
  Unik
  Fleksible
  Bisa membantu untuk mengambil keputusan
  Budaya perusahaan
  Memberikan inspirasi

Cara Merumuskan Misi Perusahaan:
       Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan
       Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, untuk memeungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatannya lebih baik dan dengan seefesien mungkin
       Menentukan lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan apakah misi organisasiperusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal

Fungsi Misi:
       Memberikan arah usaha
       Memfokuskan langkah-langkah yang akan diambil
       Objektif, target dan program perusahaan dirancang berdasarkan misi yang suadah dibentuk
       Membimbing aksi dalam berbagai tingkat
       Membantu mencegah karyawan agar tidak salah melangkah


1 komentar: